PEMBINAAN GURU & KARYAWAN KB-TK-SD-SMP-SMA ISLAM AL-AZHAR SOLO BARU TAHUN AJARAN 2016-2017


Tuesday, 10 January 2017 07:00

Solo - Pada hari Rabu-Jum’at, 4-6 Januari 2017. Yayasan Makarima yang berada di bawah bimbingan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar mengadakan pembinaan terhadap seluruh Guru & Karyawan dari setiap unit. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sekaligus sarana silaturahim antar pegawai dari unit TK-SMA.

 

Pada hari pertama. Pembinaan Guru & Karyawan dibagi menjadi dua bagian. Ada yang di Aula Masjid Raya Al-Azhar dan Aula KB-TK 28 Al-Azhar. Di Aula Masjid Raya Al-Azhar menghadirkan pembicara dari Direktur Pendidikan Al-Azhar Solo Baru, Ibu Kartika Dewi Anggrahini Rohmah, S.Psi.,M.Psi. Beliau memberikan materi tentang Kemakarimaan dan Ke-Alazharan bagi Guru & Karyawan yang masa bekerja kurang dari 2 tahun.

 

 

Beliau menjelaskan bagaimana tujuan, serta visi dan misi Yayasan Makarima dan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Agar semua Guru dan Karyawan bekerja dengan baik dan hanya mencari Ridho Allah SWT.

 


Kemudian untuk pembinaan Guru & Karyawan yang masa bekerja di atas 3 Tahun bertempat di Aula TK-KB Islam 28 Al-Azhar lantai 2. Pada pembinaan tersebut menghadirkan Ust. Syihabuddin Al-Hafidz. Beliau memberikan materi tentang Prinsip Dasar Kepemimpinan Dalam Islam. Setelah Sholat Dhuhur, semua Guru & Karyawan berkumpul di Aula untuk mendengarkan materi tentang Membangun Komitmen Aqidah Ahlul Sunnah oleh Syekh Romadhon dari Mesir dan didampingi oleh Ust. Syihabuddin, Al-Hafidz. Pada acara tersebut hadir Prof. DR.dr. Zaenal Arifin Adnan, Sp.PD.KR.FINASIM selaku Ketua Yayasan yang memberikan sambutan.

 

 

Pada hari kedua. Pembinaan dilaksanakan di aula Masjid Raya Al-Azhar. Pada kegiatan tersebut hadir pembicara dari Yayasan Darul Qur'an Ust. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I. Beliau menyampaikan materi tentang Komunikasi Efektif. Komunikasi kepada Allah SWT dan kepada Manusia. Setelah itu pmbicara yang kedua menghadirkan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Dr. Taufik Kasturi, M.Si. Beliau menjelaskan tentang Manajemen Konfik. Dengan manajemen konflik, Guru dan Karyawan bisa memahami tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan konflik, masalah dan cara penanggulannya.

 

Pada hari ketiga, hadir sebagai pembicara Bapak Budi Harjo, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang menjadi Guru yang profesional dan islami. Guru Al-Azhar harus menjadikan Al-Qur'an sebagai landasan Ideologi untuk dijadikan kurikulum yang unggul.


Semoga dengan diadakannya pembinaan Guru dan Karyawan Al-Azhar selama kurang lebih 3 hari dapat meningkatkan profesionalisme dan menerapkan apa yang sudah disampaikan oleh pembicara. Barakallahufikum!