AMALIAH RAMADHAN 1438 H SDI Al Azhar 25


Monday, 19 June 2017 07:00

SemaDalam rangka Amaliah Ramadhan 1438 H, SDI Al-Azhar 25 adakan penerimaan dan penyaluran Zakat,Infaq dan Shodaqoh (ZIS) untuk murid kelas I hingga kelas VI. Pengumpulan ZIS dimulai sejak tanggal 29 Mei 2017 hingga berakhir pada 7 Juni 2017.

Hasil ZIS yang telah terkumpul disalurkan ke 40 Panti Asuhan di Semarang. 
Sebagai pembelajaran ke murid tentang penyaluran ZIS , maka pada hari Selasa, 13 Juni 2017 pihak sekolah mengundang 4 Panti Asuhan yakni Sultan Fatah – Mangkang; Al-Jannah – Tugurejo; Al-Barokah – Pamularsih; Qosim Al-Hadi – Mijen.

Selain itu, diadakan pula Pesantren Ramadhan yang wajib diikuti murid kelas IV pada hari Rabu-Kamis, 14 hingga 15 Juni 2017 di sekolah. Pastilah menjadi sesuatu yang heboh, karena ini pengalaman pertama mereka menginap di sekolah. Acara Pesantren Ramadhan ini dibuka secara resmi oleh Pak Iwan selaku Wakil Kepala Sekolah.

Banyak kegiatan yang diikuti para santri, dari tadarus,tahfidz, tamyiz, sholat dhuha, sholat wajib berjamaah,sholat tarawih, sholat tahajud serta penyampaian materi tentang The Secret of Fasting, Hikmah Sholat dan Refleksi Diri.

Penyampaian materi The Secreet of Fasting dikemas menarik oleh Ustad Lukman untuk santri putra, dan ustadzah Yayuk untuk santri putri. Didahului dengan pemanasan senam ringan nan ceria. Dilanjut pemaparan tentang rahasia puasa yang sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Dan khusus santri putra, session ini diakhiri dengan pendinginan yakni lomba estafet air.

Pada materi Hikmah Sholat, disampaikan oleh Ustad Eko untuk santri putra dan Ustadzah Eny untuk santri putri. Penyampaiannyapun dikemas menarik hingga para santripun tak merasa lelah dan mengantuk setelah seharian berpuasa dan sholat tarawih.

Nah, pada session Refleksi Diri, Ustad Iwan yang menyampaikan materi. Di akhir session, para santri diajak merefleksi diri, melihat kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan pada orang tua. Tak sedikit para santri yang tersentuh hatinya dan meneteskan air mata. Bahkan hingga usai acarapun, masih ada santri yang terharu.