Pemilihan Ketua OSIS SMA I Al Azhar 9 Yogyakarta Tahun 2018/2019


Monday, 10 September 2018 11:00

Jogja - SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua Osis (Pemilos) tahun 2018/2019, Jumat (31/8). Proses pemilihan dilakukan seperti sistem pemilihan presiden (Pilpres), yaitu murid menggunakan hak pilihnya dengan mencontreng foto calon di dalam bilik.

 

Sebelum pencoblosan, para calon diminta memaparkan visi misi dan dilanjutkan uji kelayakan di depan seluruh warga sekolah. Ada tiga calon ketua 1 dan tiga calon ketua 2&3 yang bersaing, yakni Athaya Ramhanardi Muhammad, Rizki Asta B, dan Satria Miftakhul Huda. Sedangkan calon ketua 2&3 yakni Macho Dinta P, Zulfikar Pranata R, dan Hasby Kurnia. Adapun hasil dari pemilihan tersebut yaitu ketua 1 yaitu Athaya Ramhanardi Muhammad, ketua 2 yaitu Zulfikar Pranata R, dan ketua 3 Macho Dinta P.

 

Dengan adanya kegiatan Pemilos diharapkan dapat memberikan bekal dan wawasan berdemokrasi kepada para murid, yang pada saatnya akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas berdemokrasi di level lokal maupun nasional. Tata cara dan aturan yang dibuat serupa seperti pemilu, diharapkan mampu menjadi wahana belajar bagi seluruh murid dalam menggunakan hak pilihnya.

 

Setelah Pemilos berlangsung, akan dilaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM) pada awal September untuk menyiapkan dan menunjang kinerja Pengurus Osis agar siap mengemban amanah selama kepengurusan. Keberadaan OSIS diharapkan mampu menjadi kawah candradimuka untuk membangun kepemimpinan baru yang berkarakter, sehingga akan muncul pemimpin muda yang berkepribadian positif dan kreatif, pribadi yang optimis, pribadi yang toleran, pribadi yang mencintai kemanusiaan, berjiwa gotong royong, serta punya rasa percaya diri.