Mewujudkan Masyarakat Sehat Mental, Fisik, dan Sosial Bersama Poskology


Tuesday, 08 October 2019 07:00

Jakarta (23/09) – Dewasa ini, kesehatan mental sedang menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat. Penggunaan media sosial yang semakin digandrungi masyarakat turut memberi dampak yang cukup besar terhadap kesehatan mental. Keluarga Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Al Azhar Indonesia (KMPS UAI) juga ikut memperhatikan hal itu dan ingin membantu menjawab keresahan tersebut dengan menggelar acara Poskology.

 

Acara yang diselenggarakan pada 20 dan 22 September 2019 ini dibagi menjadi empat kegiatan, yaitu Seminar, SIBERIA (Psikologi Berwirausaha), Lomba Fotografi, dan Kampanye. Rangkaian kegiatan Poskology dimulai dengan acara seminar yang mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat yang Sehat Mental, Fisik, dan Sosial” pada Jumat, 20 September 2019 di Auditoriun Arifin Panigoro Lt.3 UAI. Seminar ini menghadirkan Tarra De Thouars, BA. Psi., selaku Psikolog dan Ade Binarko selaku Co Founder SehatMental.id yang membahas tentang anxiety disorderdepressionself acceptance, seta kiat-kiat menjadi pribadi yang sehat secara mental. Tak ketinggalan pula, acara ini juga disambangi langsung oleh Radhiya Bustan, S.Psi., M.Soc.Sc., selaku Ketua Program Studi Psikologi.

 

 

Pada waktu yang bersamaan, diselenggarakan pula pameran fotografi dan kegiatan bazaar SIBERIA. Pameran tersebut memamerkan hasil karya dari para peserta lomba fotografi dengan tema “Kesehatan Mental.” Sementara itu, kegiatan SIBERIA atau bazaar yang ditujukan untuk mahasiswa/i Program Studi Psikologi ini juga dilangsungkan pada waktu yang sama di Depan Tenda Biru.

 

Rangkaian acara Poskology diakhiri dengan kampanye kesehatan mental pada Minggu, 22 September 2019 dengan rute UAI – Gelora Bung Karno (GBK)–UAI. Kampanye dilakukan untuk mengajak masyarakat mewujudkan kesehatan yang utuh, baik secara mental, fisik maupun sosial. Sebab, ketiga aspek tersebut saling berkaitan dan merupakan cerminan dari setiap aspek.