UAI Gandeng KONI Pusat Persiapkan Kesejahteraan Atlet Nasional Berprestasi


Friday, 08 November 2019 13:00

Jakarta  – Tak dapat dipungkiri, anggapan masa depan atau masa pensiun atlet yang tidak cerah memang tidak ada habisnya menjadi perbincangan di masyarakat. Bagaimana tidak, kiprah seorang atlet sangat bergantung pada usianya. Minimnya pendidikan yang dienyam para atlet kian memengaruhi nasibnya setelah mereka memasuki masa pensiunnya. Segelintir atlet yang sudah pensiun harus menjalani masa pensiun yang memprihatinkan.

 

 

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berusaha mencari solusi dari permasalahan ini, Pada 28 Oktober 2019 yang mana bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) H. Marciano Norman dan Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. H. Asep Saefuddin, M.Sc., menandatangani nota kesepakatan dalam rangka memberikan beasiswa kepada atlet nasional berprestasi di Aula Serba Guna UAI.

 

Hal ini memberikan kesempatan bagi para atlet nasional berprestasi untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi melalui beasiswa yang diberikan oleh UAI sebagai upaya mempersiapkan masa pensiun. Pada tahap pertamanya, UAI memberikan beasiswa kepada 50 atlet nasional berprestasi dengan jurusan yang dapat ditempuh yakni Program Studi Manajemen dan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Program Studi Ilmu Hukum.

 

 

Program beasiswa untuk atlet ini dilaksanakan dengan sistem belajar online Blended Learning, yaitu sistem perkuliahan yang memadukan belajar online dan offline yang telah dilaksanakan oleh UAI setahun belakangan ini. Sehingga, para atlet dapat tetap berlatih dan juga dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Dengan begitu, diharapkan program ini dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan masa pensiun atlet nasional.

 

Nampak dalam acara ini hadir beberapa perwakilan atlet penerima beasiswa, yakni Defia Rosmaniar, Juara Taekwondo Asian Games 2018 dan Abdul Rahman, Juara Taekwondo Universiade 2019 di Napoli, Italia dan penghargaan atlet junior berprestasi dari Menpora 2019.

 

 

Dengan adanya program ini, KONI Pusat sangat mengapresiasi UAI atas kontribusinya dalam memperhatikan masa depan atlet nasional. Program beasiswa ini merupakan bentuk dari program pengabdian masyarakat UAI. KONI berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan dapat diperhatikan oleh universitas lainnya untuk memberikan program-program yang dapat menunjang kesejahteraan atlet nasional berprestasi.