Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia Mengikuti Kegiatan KKN Tematik Citarum Harum (Program Kemenristek Dikti)


Monday, 11 March 2019 07:00

Karawang - Pada Tanggal 19 s/d 22 February 2019, Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia mengikuti kegiatan KKN Tematik Citarum Harum di Desa Amansari – Kecamatan Rengas Dengklok-Kabupaten Karawang, KKN tematik Citarum Harum adalah program yang diluncurkan oleh Kemenristek Dikti yang melibatkan perguruan tinggi se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. Program kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini dimaksudkan untuk mendukung program pelestarian lingkungan hidup di wilayah Jawa Barat terutama di bantaran sungai Citarum. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan masyarakat yang tinggal di daerah sungai Citarum dan membantu pendampingan dalam peningkatan kualitas hidup masayarakat disana.

 

 

Kegiatan KKN tematik Citarum Harum Kopertis wilayah III Jakarta dibagi menjadi beberapa sektor (Sektor 16,17,18,19,20) dan di ikuti oleh 40 PTS di lingkungan KOPWIL III Jakarta. Universitas Al Azhar Indonesia merupakan bagian dari Sektor 20, dan di sektor ini ada 3 Pilar bidang kegiatan yaitu Bidang Pengolahan Sampah , Bidang Industri Kreatif dan Bidang Kesehatan, adapun program bidang Kesehatan yang baru saja diadakan di Desa Amansari kemarin (19-22 Februari 2019) oleh mahasiswa dari beberapa Institusi/ perguran Tinggi yang terlibat didalamnya meliputi beberapa kegiatan diantaranya adalah Program Pencegahan Penyalahangunaan Napza (UAI) , Edukasi literasi sekolah & PHBS (UKRIDA), Pemeriksaan Gizi (I3L), Pemeriksaan mata (ARO Leprindo) , Psikoedukasi (UNTAR), Pemeriksaan gigi dan umum (Moestopo Beragama), Pemeriksaan kesehatan Dimensia & Manajemen Stress (Stikes Tarumanagara),Program PHBS, penyuluhuan Gigi dan Sikat Gigi bersama (FKG YARSI), Pemeriksaan Gizi & Edukasi Anti Bullying ( Politeknik Karya Husada) dan semua kegiatan diatas mengambil 4 (empat) tempat kegiatan yaitu SDN Amansari 2, SMK 1 Rengas Dengklok, SMPN 3 Amansari dan Posbindu/Puskesmas Amansari.

 

 

Universitas Al Azhar Indonesia dalam kesempatan pertama ini mengirim 2 (dua) perwakilan Mahasiswanya dan 1 (satu) orang Dosen Pedamping Lapangan, Adapun mahasiswa tersebut adalah Ayu Dhiya Gusmiarti dan Ega Pratama, keduanya berasal dari Prodi Hubungan Internasional (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Kegiatan KKN Citarum bidang kesehatan Sektor 20 di Desa Amansari ini dibuka oleh Kepala Desa Amansari Bapak H. Hanafi dan dihadiri oleh pejabat RW/RT Setempat , kepala sekolah dan guru-guru SDN Amansari 2, Dosen Pendamping Lapangan dan Mahasiswa dari Institusi / perguruan Tinggi yang terlibat didalam kegiatan KKN ini.

 

Banyak sekali manfaat dan pengalaman-pengalaman yang didapatkan dari peserta KKN Citarum Harum dalam mengikuti kegiatan ini, belajar tentang arti sebuah kebersamaan (bekerja sama dan tolong menolong), dapat membangun kerjasama team dengan baik dengan teman-teman dari perguruan Tinggi lain, belajar menjadi seorang pemimpin, belajar berinteraksi dengan masyarakat/warga, belajar berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu di depan publik, belajar menghargai orang lain , wawasan dan pengetahuan mereka bertambah dari ilmu yang di implementasikan oleh para peserta KKN sesuai dengan bidang program masing-masing, belajar disiplin karena disana mereka terbiasa untuk mengikuti semua proses kegiatan yang sudah di programkan dengan waktu-waktu yang terlah ditetapkan.

 


Akhirnya , diharapkan kegiatan ini bisa menjadi ladang amal kebaikan bagi kita semua dalam upaya meningkatkan kesadaran warga masyarakat daerah aliran sungai Citarum untuk hidup sehat, hidup bahagia dan hidup sejahtera.

 

Sumber: (Muhammad Rusdi)