Semarakan Hari Kartini Bersama Mahasiswa FISIP Universitas Al Azhar Indonesia


Monday, 13 May 2019 09:00

Jakarta(25/04)- Masih dalam semarak Hari Kartini Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan acara yang merupakan gabungan dari KOMIK (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi), KOMAHI (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional) dan KMFISIP (Korp Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Acara berupa acara fashion show baju adat daerah yang diwakilkan oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional dari berbagai angkatan. acara yang diselenggarakan di Lobby Universitas Al Azhar Indonesia ini berhasil menarik perhatian mahasiswa ada, sehingga turut menyaksikan dan meramaikan acara yang hadir.

 

Raden Ajeng Kartini adalah sosok pahlawan perempuan Indonesia yang memperjuangkan hak emansipasi wanita, khususnya dalam hal pendidikan. Dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879, Kartini adalah seorang putri dari bangsawan Jawa yang hanya sempat menempuh pendidikan hanya sampai umur 12 tahun karena peraturan yang ditetapkan pada saat itu. Yaitu,  perempun tidak diperbolehkan memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari kaum pria. Pendidikan adalah hak segala bangsa, tua maupun muda, wanita maupun pria, kaya maupun mereka yang serba kekurangan. Sebagai generasi yang berpendidikan, mahasiswa dirasa perlu untuk mengingat kembali jasa Kartini dalam menggalakan pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan. Kemajuan peradaban menjadikan pendidikan adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setaip individu dalam Negara. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Dr Irwa Rochimah Zarkasi SE., M.Si Selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Aghniyya Apriliani mahasiswa ilmu komunikasi 2017 selaku ketua pelaksana. Setelha berlangsungnya peragaan baju adat oleh masing masing peserta yang membawakan pakaian adat dari berbagai daerah, diakhir acara terdapat pengumuman mengenai 3 orang pemenang lomba peragaan busana yang ada yaitu : Juara 1 yang dimenangkan oleh Tasya Kusuma Ilmu Komunikasi 2017, Juara 2 oleh  Farha Bantana Ilmu komunikasi 2016 dan Juara 3 yang dimenangkan oleh Vika Anjani Ilmu Komunikasi 2018.

 

Hari Kartini merupakan sebuah bukti bahwa generasi muda mampu terus bergerak dan berkembang tanpa harus melupakan sejarah, semoga dengan diadakannya Hari Kartini akan semakin mengingatkan kembali pentingnya pendidikan dan peran perempuan dalam kemajuan peradaban bangsa yang ada.