Bersama Mewujudkan “Wajah Baru Untuk Desaku” di Fisip Berbakti 2019


Wednesday, 21 August 2019 07:00

Bogor (07/08)- Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia menyelanggarakan acara “Fisip Berbakti 2019” yang merupakan program kerja tahunan yang mulai diselenggarakan sejak dua tahun yang lalu. Acara yang dilaksanakan di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul Selatan, Bogor ini juga merupaka wujud bakti sosial mahasiswa kepada mayarakat sekitar. Berlangsung selama 3 hari berturut turut, Fisip Berbakti tahun ini mengangkat tema “Mengembangkan Jiwa Sosial Masyarakat Yang Berani, Inovatif dan Brakhlak Mulia” dengan tagline “Wajah baru Untuk Desaku”.

 

 

Dalam tema ini sendiri terkandung harapan besar bahwa tahun ini Fisip Berbakti mampu meningkatkan taraf ekonomi kreatif, meningkatkan peluang pariwisata, memperbaiki fasilitas pendidikan dan menjaga kesejahteraan lingkungan yang ada. Diisi dengan berbagai kegiatan yang edukatif dan interaktif acara ini juga disambangi langsung oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof. Dr. Ir Asep Saefuddin M.Sc., dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Heri Herdiawanto, S.pd., M.Si yang didampingi oleh perwakilan dari Direktorat Kemahasiswaan Jatmiko Agus Nugroho, S.Kom., yang datang langsung mengunjungi kegiatan dan aktifitas yang berlangsung di Desa Karang Tengah.

 

“Semua kegiatan ini dirancang untuk kepentingan kita, untuk mendidik kita dan untuk kebaikan kita dimasa depan” ujar Rektor Universitas Al Azhar Indonesia ketika menyambangi aktivitas Fisip Berbakti di Desa Karang Tengah, Bogor. Menurut beliau kegiatan sosial masyarakat adalah salah satu wujud nyata bagi mahasiswa dan generasi muda untuk memberikan bakti bagi masyarakat Indonesia. Pemilihan Desa Karang Tengah dan konsep mengembangkan ekonomi kreatif yang ada, sudah sangat sesuai dengan kondisi petani kopi di Indonesia yang kerap pasang surut masalah ekonomi nya.

 

 

Program pembangunan kedai kopi juga sangat didukung oleh beliau sebagai bentuk implementasi jiwa entrepreneurship yang ada di UAI. “Selamat berkegiatan, selamat bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas” pesan beliau sebelum menutup sambutan kegiatan. Dihari kedua, Fisip berbakti mengadakan edukasi ringan mengenai agama, peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dan edukasi pencegahan kekerasan seks di usia dini oleh mahasiswa yang kemudian dilanjutkan dengan seminar Bisnis Kopi Manajement yang dihadiri langsung oleh masyarakat sekitar dan gabungan pemuda karang taruna. Seminar ringan ini dibawakan oleh “Kopi Langit” sebagai narasumber dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan FISIP Bapak Heri Herdiawanto, Spd., M.Si.

 

Berlanjut di hari ke-3 yang diisi dengan peresmian pengerjaan Kedai Kopi “Kopi Wangun” yang merupakan bentuk sumbangsih dan kerja bersama panitia Fisip Berbakti 2019 dalam membangun kembali ekonomi kreatif di Desa Karang Tengah. Selalu ada hal baik yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat Indonesia kedepannya. Semoga Fisip Berbakti selalu dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat Indonesia kedepannya.