Menumbuhkan Cinta Budaya Nusantara Melalui TRADCO 2019


Tuesday, 10 September 2019 07:00

Jakarta (02/09) – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) telah kembali sukses menggelar program kerja tahunannya, Traditional Dance Competition, pada 31 Agustus 2019 kemarin. Ajang kompetisi tari tradisional ini ditujukan kepada pelajar SMA sederajat di wilayah JABODETABEK. Di tahun keduanya, TRADCO mengangkat tema “Millenial Cinta Budaya Nusantara” dengan harapan akan menumbuhkan semangat pada generasi milenial agar dapat terus melestarikan budaya tanah air. Oleh karena itu, selain Tari Ratoh Jaroe, acara ini juga menambahkan kategori Tari Kreasi Nusantara untuk dilombakan, tak seperti tahun pertama yang hanya terdapat kategori lomba Tari Ratoh Jaroe.

 

 

Acara TRADCO dihadiri langsung oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi, Alma Mandjusri S.S., M.I.Kom., serta Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Heri Herdiawanto M.Si., yang turut mendukung berlangsungnya kegiatan ini mengingat perlunya generasi milenial dikenalkan kepada budaya tanah air. Terlebih, saat ini, budaya tengah berperan penting sebagai alat diplomasi.

 

Pelaksanaan lomba dilakukan di dua tempat yang berbeda, untuk tari Ratoh Jaroe diselenggarakan di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia. Sementara tari kreasi diselenggarakan di Tenda Biru Universitas Al Azhar Indonesia. Namun, pelaksanaannya dilakukan pada waktu yang bersamaan.

 

 

Antusias peserta lomba pada tahun ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya dengan jumlah 20 peserta tim tari dari berbagai sekolah, yaitu 13 tim pada kategori Tari Kreasi Nusantara dan 7 tim pada kategori Tari Ratoh Jaroe. Acara yang berlangsung satu hari ini turut menghadirkan 2 bintang tamu untuk menghibur peserta dan pendukungnya, yaitu Canatez dan Best Dance Team. Kemeriahan acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba, yakni untuk kategori Tari Ratoh Jaroe, juara Harapan II dimenangkan oleh SMA 6 Jakarta, Harapan I SMA 90 Jakarta, Juara III SMA Al Azhar 8 Bekasi, Juara II SMA Al Azhar 4 Bekasi, dan Juara I SMA 46 Jakarta. Sementara untuk kategori Tari Kreasi Nusantara, Juara III diraih oleh SMK Jakarta 1, juara II SMAN 7 Bogor, dan Juara I SMAN 6 Tangsel