Berkutat dengan Kupang, Murid Surabaya Ini Terbang ke Amerika


Friday, 24 January 2020 09:00

Surabaya - Murid SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya, Aliyyah Maura Zakaria, sebagai salah salah peneliti belia yang dimiliki sekolah, berhasil menjadi finalis dan memperoleh Special Award di bidang Ilmu Pengetahuan Hayati dari Polimer Chemistry LIPI di ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-51 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tanggal 22 – 26 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai, Jakarta.

 

Penelitian Aliyyah berjudul “Deteksi dan Identifikasi Partikel Mikroplastik pada Kupang (Mytilus Edulis sebagai Biota Air pada Perairan di Surabaya). Ia menjadi satu-satunya finalis yang berasal dari MTs/SMP atau sederajat sedangkan kompetitornya sebagian besar berasal dari jenjang SMA/MA. Sebagai hadiahnya, ia diberi kesempatan untuk ikut program Broadcom Master International Program di Anaheim, California, Amerika Serikat pada tanggal 10 – 15 Mei 2020 mendatang.

 

 

Broadcom Master International Program yang diselenggarakan oleh Society for Science & the Public (SSP) merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan Regeneron International Science and Engineering Fair (ISEF) yang diikuti oleh 25 delegasi (finalis dan pemenang kompetisi sains) dari 18 negara yang berusia maksimal 14 tahun.

 

Total proposal penelitian yang masuk pada LKIR ke-51 ini sebanyak 1994 proposal dan hanya diambil 43 finalis yang didominasi oleh peserta dari jenjang SMA. Seleksi lomba begitu ketat, meliputi seleksi proposal penelitian dan seleksi laporan akhir penelitian. Alhamdulillah meski begitu berat dan ketat persaingannya ananda Aliyyah dan Naura, tim dari SMP Islam Al Azhar 13 akhirnya mendapatkan special award dari Polimer Chemistry LIPI dan berhak mengikuti kompetisi internasional di ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) 2020 di Annaheim, California, Amerika Serikat bulan Mei mendatang.

 

Sumber : YPI Al Azhar cabang Jawa Timur Ypi Al-azhar Jawa Timur