MOMENTUM INDAH DALAM KEBERSAMAAN


Friday, 19 July 2013 21:00

RAMADHAN 1434 H , MOMENTUM INDAH DALAM KEBERSAMAAN ; SEBUAH PENGALAMAN BARU DI TANAH SUCI



Alhamdulillah, Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat perkenanNya kita dipertemukan kembali dalam keadaan sehat wal’afiat dengan RamadhanNya yang Indah ini. Semoga dalam bulan suci ini kita senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan amanah, tugas dan segala hal dalam kebaikkan dan amal Ibadah. Amin.

Ramadhan, adalah bulanNya, yang  dalam banyak kesempatan menjadi momentum perekat kebersamaan diantara kita dan masyarakat.  Hendaknya momentum Indah ini dapat kita pelihara bersama semangatnya agar setelah Ramadhan hubungan baik antara kita dan berbagai pihak dapat lebih harmonis dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Tidak hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia, termasuk di Tanah Suci, momentum Ramadhan menjadi sangat Indah karena keikhlasan untuk bersama sama menikmatinya menjadi amaliyah  kebaikkan yang luar biasa. Dalam kesempatan melaksanakan Umroh baru baru ini, Saya sangat merasakan bagaimana masyarakat di Kota Mekkah dan Madinah mampu menjadikan amaliyah Ramadhan dengan banyak aktivitas berbagi dan memperhatikan sesama. Meskipun ada perbedaan hari dalam memulai  Shaum Ramadhan,  hal tersebut tidak menjadikan ganjalan, bahkan disikapi dengan baik karena itulah Indahnya kebersamaan dalam menyambut hadirnya Ramadhan.

Sebuah hal baru saya rasakan sendiri, dimana meskipun menurut penanggalan hijriah di Saudi Arabia, tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa 9 Juli 2013, namun masyarakat disana baru mulai melakukan shaum pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013 yang notabene adalah tanggal 2 Ramadhan 1434 H. Hal tersebut tidaklah menjadi ganjalan bagi masyarakat di sana karena ada hal yg lebih penting lagi : suka cita bersama dan bersatunya ummat dalam menyambut dan memuliakan Ramadhan pastinya jauh lebih bermakna melebihi perihal perbedaan hari. Indah bukan ?

Mari kita  belajar dari momentum dan keindahan Ramadhan itu sendiri. Bahwa kebersamaan itu adalah semangat dan ciri khas kita sebagai keluarga besar YPI Al Azhar yang mampu memberikan kebaikkan serta manfaat bagi ummat dan masyarakat luas dengan karya terbaik kita . Selamat menikmati sajian RamadhanNya yang Indah ini dan senantiasa bersemangatlah untuk menjadi Insan RamadhanNya.