DEMI PERBAIKAN KINERJA YPI AL AZHAR


Wednesday, 24 July 2013 00:50

GOOD CORPORATE GOVERNANCE DEMI PERBAIKAN KINERJA YPI AL AZHAR

 

 

 

Ramadhan, adalah bulan yang Allah sediakan bagi kita untuk memperbaiki diri melalui rangkaian Ibadah dan amaliyah Ramadhan yang seakan tiada putusnya kita lakukan dengan semangat demi semata mengejar ridho-Nya bagi kebaikkan kehidupan kita dan keluarga.

Salah satu sisi yang dapat menjadi implementasi dari kata “perbaikan” itu secara jelas adalah bagaimana kita sebagai bagian dari  organisasi YPI Al Azhar mampu merubah dan menata diri agar mampu mengelola amanah dan tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik baiknya dengan dilandasi tanggung jawab moral yang tinggi dan sadar akan kepentingan dari manfaat yang baik untuk para stake holder YPI Al Azhar.

Adalah sebuah keniscayaan bagi sebuah organisasi besar seperti YPI Al Azhar untuk selalu menerapkan fungsi akuntabilitas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku kerja yang baik , melindungi kepentingan Yayasan secara luas dan mampu meningkatkan kinerja secara signifikan.

 

Salah satu upaya kita semua di YPI Al Azhar untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan/organisasi adalah dengan mulai menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau biasa dikenal dengan tata kelola perusahaan . Penerapan Good Corporate Governance (GCG) merupakan pedoman bagi Pengurus YPI Al Azhar  dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dengan dilandasi moral yang tinggi, kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial YPI Al Azhar terhadap pihak yang berkepentingan (stakeholders) secara konsisten.

Tata Kelola Perusahaan (corporate governance) adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan/ korporasi/yayasan. Tata kelola juga mencakup hubungan antara para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat serta tujuan pengelolaan organisasi. Pihak-pihak utama dalam tata kelola perusahaan adalah pemilik , manajemen, dan pejabat dalam organisasi. Pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, bank dan kreditor lain, regulator, lingkungan, serta masyarakat luas.

Salah satu Fokus utama dari tata kelola ini adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola perusahaan harus ditujukan untuk mengoptimalisasi pengelolaan keuangan secara benar dan akuntable, dengan penekanan kuat pada pencapaian tujuan yang efektif dan kelangsungan hidup organisasi/yayasan dalam jangka panjang.

 

Maksud dan tujuan penerapan Good Corporate Governance di organsasi adalah sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan nilai organisasi dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan adil agar memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional.
  2. Mendorong pengelolaan organisasi secara profesional, transparan dan efisien, serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian.
  3. Mendorong agar manajemen organisasi dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial organisasi terhadap stakeholders maupun kelestarian lingkungan di sekitarnya.
  4. Meningkatkan kontribusi dalam perekonomian nasional.
  5. Meningkatkan nilai investasi dan kekayaan organisasi.

 

Salah satu Fokus utama dari tata kelola ini adalah terjadinya efisiensi yang bersifat ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola ini juga harus ditujukan untuk mengoptimalisasi pengelolaan keuangan secara benar dan akuntable , dengan penekanan kuat pada business sustainability.  Mari kita dukung bersama pelaksanaan good corporate governance di YPI Al Azhar dengan mulai dari diri kita sendiri demi tercapainya tujuan bersama yaitu kelangsungan hidup organisasi/yayasan dalam jangka panjang.