SMAI AL AZHAR 1 DAN AEON ASIA ECO-LEADERS


Monday, 09 September 2013 12:15

 

20 Agustus 2013 SMA Islam Al-Azhar 1 menerima kunjungan silaturahim dari pelajar Jepang, Cina, Malaysia, Thailand dan Vietnam yang merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh AEON Group yaitu Aeon Asia Eco-leader yang berpusat di Jepang. Kegiatan ini diikuti oleh 80 pelajar yang mana masing-masing negara diwakili oleh 20 orang murid termasuk murid-murid Indonesia. Tujuan utama program Eco-Leaders adalah menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan sejak dini, terutama terkait isu pemanasan global yang banyak ditayangkan di berbagai media. Pengaruh pemanasan global tersebut dapat kita rasakan, salah satunya peralihan musim dan cuaca yang tidak menentu.

 

Pendidikan selalu berhubungan erat dengan bidang apapun, termasuk dalam hal kesadaran terhadap lingkungan hidup. Inilah yang menjadi salah satu acuan pentingnya menumbuhkan kesadaran pada diri akan lingkungan hidup, berupa pemanfaatan dan pengembangannya. Disini murid-murid belajar bagaimana mendaur ulang sampah hingga memiliki nilai jual. Hingga bisa mengurangi volume tumpukkan sampah di negaranya masing-masing bahkan dapat menggerakan pertumbuhan perekonomian dalam skala kecil. Tujuan lokasi yang akan didatangi dari tiap Negara adalah Sekolah Menengah Atas dan Universitas. Langkah ini ditempuh untuk mengajak kaum muda sadar dan peduli terhadap lingkungan hidup. 1 pemuda menularkan semangat ini kepada yang 1 pemuda yang lain dan seterusnya, termasuk masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

 

Bila seluruh komponen aktif berpartisipasi akan memudahkan dalam pencapaian target dan bukan tidak mungkin pencegahan global warming bisa dilakukan. Global warming bukan terjadi begitu saja tetapi ada sebab dan prosesnya. Sudah seharusnyalah kita sebagai penduduk bumi mencari apa sebab-sebab terjadinya dari Global warming, bagaimana cara menghentikannya dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terulang di masa depan (Ani S)