Al-Azhar Youth Leader Institute


 

I. Permasalahan Besar di Indonesia ?

 

Setidaknya ada dua permasalahan besar yang sedang dihadapi Indonesia, yaitu krisis kepemimpinan dan kurangnya daya saing.

Yang pertama, krisis kepemimpinan. Krisis kepemimpinan jelasnya dirasakan bahwa sedikitnya orang-orang yang dapat diteladani sebagai seorang pemimpin. Sehingga rakyat tidak seluruhnya memilliki sosok acuan dalam menjalankan kehidupan dan menyebabkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan.

Kedua, tidak dapat dipungkiri daya saing Indonesia dengan negara-negara lain sedang tertinggal. Khususnya di tingkat regional Asia Tenggara. Peringkat Human Development Index Indonesia adalah 111 dari 142 negara (UNDP, 2009) dimana Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand berada di atas kita.

 

II. Bagaimana Mengatasi Persoalan Tersebut ?

 

Kunci dari kebangkitan Bangsa Indonesia dalam mengatasi krisis kepemimpinan dan lemahnya daya saing bangsa adalah melalui penempaan dan pembelajaran kepada pemudanya. Pendidikan menjadi ujung tombak dalam menyiapkan masa depan bangsa.

Pemuda-pemuda ditempa mental karakternya untuk menjadi pribadi yang jujur, ulet, dan bertanggung jawab. Selain dibekali dengan ilmu dan keahlian dasar yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan global misalnya ilmu dan keahlian manajemen, komunikasi, dan lainnya.

 

III. Apa itu AlAzhar Youth Leader Institute ?

 

AlAzhar Youth Leader Institute (AYLI) adalah sebuah organisasi yang berbentuk institut, dimana merupakan salah satu bentuk usaha dari para pendirinya untuk menjawab permasalahan-permasalahan di dunia umumnya dan di Indonesia khususnya yaitu masalah Krisis Kepemimpinan dan Lemahnya Daya Saing.

Di dalamnya, para anggota AYLI belajar untuk menguasai ilmu, kemampuan, dan ahlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dengan diarahkan dan dibimbing oleh ahli-ahli di bidangnya. Di AYLI seluruh kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan ahlak anggotanya.

 

Infromasi lebih lanjut : http://ayli-indonesia.com/