BALAI PENGOBATAN UMUM DAN GIGI (BPUG)


 

Sampai dengan pertengahan tahun 85-an perkembangan pembangunan YPI Al-Azhar secara fisik masih belum seperti yang kita lihat sekarang ini. Bagian Kesehatan bermula berada di mana kantor pengurus YPI Al-Azhar kini berada, kemudian dipindahkan ke gedung lama yang sekarang menjadi areal lapangan Futsal/Basket UAI dengan sebutan Poliklinik.

 

Saat itu pegawai sudah sangat akrab dengan tempat pemeriksaan kesehatan yang sangat sederhana. Beberapa dokter yang lama dikenal seperti dokter Soewarsono yang tercatat  sebagai Kepala Poliklinik YPI Al-Azhar, dokter Subarsyah, dokter Ana, dokter Yose Rizal, dokter Tamsil, dokter Gani, dokter Slamet, dokter Cecep Permana dan dokter Kustiah.

 

Poliklinik, yang belakangan namanya berganti-ganti dengan sebutan Balkesmas dan kemudian saat ini disebut dengan Balai Pengobatan Umum dan Gigi (BPUG).  Dalam perkembangannya saat ini BPUG dipimpin oleh dokter Rizal Alfi dengan dikawal dokter-dokter muda lainnya seperti dokter Derri, dokter Cinta dengan dibantu beberapa perawat baik yang lama maupun yang baru. Pengembangan BPUH sekarang telah membuka beberapa cabang di beberapa kampus, antara lain, Pejaten, Bintaro, Sentra Primer dan Cigombong, sampai 2012 masih bekerjasama dengan unit LAZ APU menyangkut anggaran dan pembiayaan, dikarenakan sasarannya adalah masyarakat dhuafa sehingga Balai Kesehatan tersebut relatif tidak dipungut bayaran.

 

Skema di bawah ini dibuat oleh dr. Rizal Alfi sebagai kepala BPUG YPI Al-Azhar, menggambarkan latar belakang dan tujuan adanya BPUG YPI Al-Azhar, setelah tak lepas dari sejarah berdirinya Masjid Agung Al-Azhar dengan segala macam aktivitas dan pelayanan keumatan. BPUG YPI Al-Azhar dalam perjalanan kesejarahan adalah sebuah unit vital yang melayani kesehatan pegawai YPI Al-Azhar. Oleh karena itu, ke depan masih dapat dikembangkan menjadi sebuah Rumah Sakit Al-Azhar yang dikelola secara profesional yang dapat memberikan kontribusi positif bagi Yayasan.

 

Jenis Kegiatan BPUG :

PROMOTIF - Penyuluhan Kesehatan

PREVENTIF - Pencegahan Penyakit

KURATIF - Pengobatan Penyakit

 

Sasaran : 

Peserta didik (murid)

Guru YPI Al-Azhar

Mahasiswa UAI

Dosen UAI

Masyarakat umum/keluarga besar YPI Al-Azhar

 

Sarana :

Poli gigi spesialis

Poli umum

Vaksinasi

Bedah minor perawatan pengobatan umum gigi

Circumsisi (khitan)

Depo obat

 

Poliklinik Yang Ada Sekarang: 

BPUG kampus Al-Azhar Pusat

BPUG kampus Al-Azhar Bintaro

BPUG kampus Al-Azhar Pejaten

BPUG kampus Al-Azhar Sentra Primer

Balkesmas Cigombong bekerjasama dengan LAZ APU.