YPI Al Azhar melalui Direktorat Keuangan mengadakan Seminar Awareness ISO 9001-2015 pada Selasa, 8 Oktober 2024 yang dilaksanakan di Ruang Ampi Theater Universitas Al Azhar Indonesia. Sebanyak 45 pegawai terdiri dari Jajaran Pimpinan Unit Sekretariat, Direktorat, dan Inspektorat YPI Al Azhar.
Hadir membuka dan memberikan arahan pentingnya implementasi ISO 9001:2015 ialah Bendahara Umum YPI Al Azhar, Dr. Ir. Suhaji Lestiadi, M.E. YPI Al Azhar sebagai lembaga yang terus berkembang selalu melakukan upaya peningkatan layanan kepada pelanggan. Pelanggan dalam konsep ISO 9001:2015 meliputi pelanggan internal dan eksternal. Sehingga ketika fokus implementasi ISO 9001:2015 adalah kepuasan pelanggan, maka kepuasan pelanggan dimaksud adalah pelanggan internal dan eksternal.
Pihak-pihak yang terkait dan terlibat dalam mengimplementasikan ISO 9001:2015 wajib mengikuti pelatihan Awareness ISO 9001:2015 agar mereka mengenal dan memahami konsep, prinsip, proses, dan prosedur yang diperlukan untuk dapat dikembangkan di unitnya masing-masing.
“Pelatihan hari ini adalah awalan yang tentu akan ditindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan atau bahkan sertifikasi, misalnya sertifikasi kepada calon auditor ISO 9001:2015 bagi YPI Al Azhar,” jelas Dr.Ir, Suhaji Lestiadi,M.E.
“Implementasi ISO 9001:2025 di YPI Al Azhar yang diawali di unit Direktorat Keuangan ini untuk mewujudkan kepuasan sehingga dirasa sangatlah penting agar dapat memahami interpretasi kontekstual dari standar ISO dan mampu menerapkan persyaratan ISO 9001-2015 dalam bidang pekerjaan terkait.’ Imbuhnya.
Perlu diketahui bahwa ISO 9001-2015 adalah standar sistem manjemen mutu. Sistem manajemen adalah seperangkat elemen yang saling berkaitan dan berinteraksi pada suatu organisasi untuk menetapkan kebijakan dan sasaran, serta proses mencapai sasaran tersebut. Untuk itu, YPI Al Azhar memerlukan suatu standar dalam menciptakan layanan yang prima bagi pengguna layanan.
Dalam mengimplementasikan proses bisnis sehari-hari, salah satunya adalah proses bisnis penerimaan dan pengeluaran yang memang harus dipastikan prosesnya selalu berjalan dengan rencana dan terstruktur kualitas prosesnya. Selain itu, sebuah organisasi juga harus menentukan proses komunikasi dengan pelanggan dan persyaratan produk dan jasa yakni proses komunikasi pelanggan harus ditetapkan.
Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan yang sesuai dengan persyaratan mereka. Implementasi ISO 9001:2015 membutuhkan dukungan dan komitmen organisasi serta perangkat pendukung lainnya agar terlaksana implementasi yang berkesinambungan.
Direktorat Keuangan, melalui surat nomor 104/X/E/YPIA-Dir.Keu/1446.2024 meminta masing-masing bagian terkait menyusun dokumen Standar Operasional ProsedurDokumen tersebut, meliputi:
- Dokumen Peraturan yang berlaku di lingkungan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dan Sekretariat YPI Al Azhar
- Dokumen Standar Operasional Prosedur seluruh bagian atau bidang di lingkungan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dan Sekretariat YPI Al Azhar
- Format dokumen terkait persuratan yang ada di lingkungan di lingkungan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dan Sekretariat YPI Al Azhar.