Serangkaian pesan yang disampaikan di awal kegiatan Rakornas 2025 yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Juni 2025 di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah YPI Al Azhar mengadakan Rapat Koordinasi Nasional Tahun Ajaran 2025/2026 dengan tema “Optimalisasi Program untuk Mewujudkan Sekolah Beradab, Berkemajuan, dan Berdaya Saing Global”. Kegiatan yang diikuti 224 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah se-Indonesia secara hybrid (offline dan online).
Rakornas adalah momentum penting untuk memperkuat silaturahmi dan mempertegas arah perjuangan pendidikan Islam Al Azhar. Sebuah momentum yang bukan sekedar temu konsolidasi tetapi ajang koordinasi nilai visi dan langkah strategis bagi terwujudnya pendidikan Islam yang beradab dan berkemajuan. Rakornas dibuka oleh Ketua YPI Al Azhar yang Membidangi Pendidikan Dasar dan Menengah, Drs. Nuri Muhammadi, M.Pd.
Kepala Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Dra. Ai Kiki Rokibah menyampaikan apresiasi atas prestasi seluruh sekolah yang telah mencapai target PMB. “InsyaAllah kita semua akan kembali siap untuk menyambut Tahun Ajaran 2025-2025 dengan penuh semangat dan grade yang tinggi”. Beliau mengajak seluruh Kepala Sekolah untuk menyikapi isu-isu strategis pendidikan, transformasi digital pendidikan, kebijakan-kebijakan pemerintah, Permendikdasmen baik yang terbaru No. 9 Tahun 2025 tentang tes kompetensi akademik dan No.10 Tahun 2025 tentang 8 dimensi profil lulusan atau standar kompetensi lulusan, serta isu-isu pendidikan lainnya.
Di tengah-tengah acara, Dra. Ai Kiki Rokibah juga menyebutkan beberapa Sekolah Islam Al Azhar yang baru akan beroperasi pada Tahun Ajaran 2025-2026 yaitu:
- TK Islam Al Azhar 60 Yogyakarta
- SD Islam Al Azhar 72 Tegal
- SD Islam Al Azhar 73 Padang
- SD Islam Al Azhar 74 Blitar
- SD Islam Al Azhar 77 Yogyakarta
- SMP Islam Al Azhar 62 Surabaya Barat
- SMA Islam Al Azhar 33 Bekasi
- SMA Islam Al Azhar 45 Bandung
Drs. Nuri Muhammadi, M.Pd., memberikan pembekalan tentang keterampilan Kepala Sekolah di era teknologi digital. Beliau menjelaskan beberapa keterampilan yang dibutuhkan antara lain;
- Kepemimpinan visioner dan adaptif (visi jangka panjang, adaptif perubahan, kepemimpinan pembelajaran),
- Kemampuan manajerial (manajemen sumber daya, pengambilan keputusan berbasis data, perencanaan strategis yang kuat)
- Digital Savvy (pemahaman yang mendalam dan kemampuan yang cakap dalam menggunakan serta memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan efisien)
- Komunikasi, dan
- Pebelajar seumur hidup
Adapun yang menjadi evaluasi kepengawasan di Tahun Ajaran 2024/2025 di antaranya adalah,
- perlunya penguatan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal sekolah.
- rapor pendidikan untuk menjadi tujuan dan acuan dalam mengelola satuan pendidikan,
- keikutsertaan sekolah dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dirdikdasmen perlu dimaksimalkan,
- penyelesaian permasalahan yang terjadi di sekolah agar mengikuti panduan yang telah disusun oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dan panduan dari Direktorat Dikti Diklat dan Pengembangan Pendidikan, serta
- melatih diri untuk memiliki keterampilan yang memadai dalam menyelesaikan masalah.